5 Wisata Kuliner di Sanggau yang Enak dan Wajib Anda Coba - Hai sobat kuliner, kami kembali lagi untuk menjelajah Wisata Kuliner di Indonesia. Sebelumnya kita sudah mengenal wisata kuliner di kabupaten Sambas, baik itu makanan kuliner, hingga lokasi tempat kuliner.

Sekarang kita akan menjelajah Kabupaten Sanggau, seperti apa sih makanan kuliner dan dimana tempat kuliner di Kabupaten Sanggau ini?

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah, kaya akan budaya, ragam golongan. Orang Indonesia patut bangga tinggal di Indonesia yang dikenal dengan negara Zamrud.

Sobat kuliner jangan lewatkan wisata kuliner di Sanggau ini, tidak kalah dengan wisata kuliner lainnya yang terdapat di Indonesia.

Jika sobat kuliner tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Sanggau, sobat bisa melewati jalur darat menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor dari kota Pontianak, Kalimantan Barat. Namun, jika sobat kuliner berasal dari luar pulau Kalimantan tentu tidak bisa ditempuh hanya dengan menggunakan Sepeda 😂.

Kita mengenal wisata kuliner kabupaten Sanggau sambil santai-santai aja ya, ngobrol-ngobrol sama Mimin dan bercanda sama mimin, hehe.

Kami mencoba mengenalkan dan membahas agar akrab dengan kamu supaya bisa memahami dengan mudah. Tugas Mimin ialah mengenalkan wisata kuliner di Indonesia pada teman-teman semua. Jadi simak dan perhatikan baik-baik ya teman.

Mimin akan menyebutkan makanan kuliner di Kabupaten Sanggau, baik makanan khas Sanggau maupun bukan makanan khas yang banyak ditemukan di Kabupaten Sanggau.

Sekarang mah kamu hanya perlu mencari pengetahuan dari internet, tidak perlu tanya-tanya pada orang agar bisa lebih tahu dan mengetahui suatu hal.

Mimin sebenarnya juga belum tahu banyak tentang wisata kuliner di Kabupaten Sanggau tapi Mimin sangat berharap agar pengetahuan Mimin yang tidak banyak ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu.

Sebagai generasi Nusantara, siapa lagi yang akan melestarikan budaya dan adat kita? Baik itu makanan kuliner dan warisan lainnya dari budaya Indonesia?

Jangan hanya melestarikan budaya dan adat orang lain sedangkan adat dan budaya kita sendiri dilupakan.

Tanamkan cinta untuk budaya kita pada hatimu, mudah-mudahan dengan mengenalkan salah satu warisan seperti makanan kuliner. Semakin banyak yang mencintai makanan kuliner indonesia agar makanan kuliner kita tidak hilang.

Sering kali mungkin banyak generasi muda indonesia hanya menyukai makanan modern yang pasti tidak sehat untuk tubuh. Sedangkan mengapa mereka melupakan dan bisa tidak tahu makanan khas dan kulinernya sendiri?

Tidak banyak yang tahu makanan kuliner khas Kabupaten Sanggau seperti Sungkui, Kue Kute, dan lainnya. Dari sini kita akan belajar untuk mengenal makanan kuliner dari Kabupaten Sanggau.

O ya, jika kamu pergi ke Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jangan lupa pulangnya kasih Mimin oleh-oleh ya 😂. Jangan bingung mau kasih Mimin oleh-oleh apa karena mimin juga akan mengenalkan oleh-oleh dari Kabupaten Sanggau.

Mimin hanya akan mengenalkan oleh-olehnya sedikit aja kok, biar kamu tidak repot bawanya untuk Mimin, hehe.

Jajanan maupun kerajinan dari Kabupaten Sanggau juga akan Mimin kenalkan ya, ada banyak tetapi Mimin tidak menjamin akan sebutkan semuanya ya takutnya kamu bingung, oleh-oleh buat si Mimin yang bagus kira-kira apa ya? 😂.

“Kenapa Mimin harus sebutkan Kerajinan dari Sanggau, kita hanya ingin tahu kulinernya saja kok”

Mimin sengaja nantinya selain sobat kuliner berwisata di Kabupaten Sanggau, Mimin berharap juga bisa membantu ekonomi masyarakat disana nantinya. Sekalian bawain untuk Mimin, hehe.

Makanan Kuliner di Kabupaten Sanggau

Berikut ini adalah daftar panganan dan hidangan yang terdapat di Kabupaten Sanggau. Kami hanya mendaftarkan beberapa saja dan diantaranya adalah hidangan yang sering kita temui di Kabupaten Sanggau.

Sungkui

Sungkui
Sumber Gambar : viva.co.id

Makanan kuliner yang pertama adalah Sungkui. Apa Sih sungkui ini?

Sungkui adalah hidangan nasi kuliner khas dari Kabupaten Sanggau. Makanan yang terbuat dari beras yang dililit dan dibungkus dengan daun keririt.

Sobat kuliner bisa mencicipi Sungkui saat berwisata kuliner di Kabupaten Sanggau karena memang Sungkui berupa nasi khas dari Sanggau.

Bentuk Sungkui seperti lontong atau yang kamu kenal sebagai buras, jika kamu pertama kali melihat Sungkui mungkin kamu akan beranggapan Sungkui merupakan lontong, meskipun bentuknya panjang memanjang atau lonjong, nasi Sungkui memiliki rasa dengan bau dan aroma yang khas.

Sebelum di olah, beras yang dililit dengan daun keririt atau biasanya orang menyebut daun keririt dengan sebutan daun Sungkui, terlebih dahulu beras tersebut dicuci sampai bersih.

Memasak nasi Sungkui juga membutuhkan waktu, diantara 5 (lima) hingga 6 (enam) jam perebusan dan supaya matang dengan merata sobat kuliner harus membolak-balikannya.

Nasi Sungkui bukanlah nasi biasa, dulunya nasi Sungkui adalah makanan kerajaan di Sanggau pada masa lampau dan disajikan atau hidangkan pada acara kerajaan saja. Begitu juga seperti yang kita tahu dengan Bubur Paddas dari Kabupaten Sambas dahulunya dihidangkan pada acara tertentu saja.

Biasanya nasi Sungkui dihidangkan oleh masyarakat saat umat muslim berbuka Puasa pada bulan Ramadhan. Kini, dikabarkan nasi Sungkui sudah mulai langka dan jarang ditemui.

Banyak orang yang ingin melestarikan nasi Sungkui ini diantaranya nasi Sungkui sudah tersedia di beberapa tempat kuliner.

Rasa nasi Sungkui ini boleh dicoba, apalagi kalau di temani dengan opor ayam serta sayur-mayur pasti akan sangat menggugah selera dan membuat ketagihan.

Pokoknya rasa nasi Sungkui ini tidak di ragukan lagi deh, sobat kuliner harus mencobanya. Ingat ya, setelah kamu mencoba nasi Sungkui beritahu Mimin apa pendapat kamu tentang nasi Sungkui ini di kolom komentar ya.

Makanan wajib pada hari-hari dan acara besar di Sanggau adalah nasi Sungkui, seperti hari raya idul Fitri dan idul Adha selalu terdapat dan ditemukan banyak nasi Sungkui yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Pada masa kerajaan Sanggau hanya di hidangkan kalau ada acara besar dan itu berlaku hingga sekarang ini, dulu sungkui hidangkan hanya saat acara kerajaan sekarang hanya hidangkan pada hari-hari besar saja.

Selain ditemani opor ayam maupun sayur mayur, nasi Sungkui ditambahkan serundeng dan di hidangkan bersama dengan beberapa makanan agar nasi Sungkui semakin lezat terasa seperti sambal nanas, rendang, gula dan lainnya.

Penyajian nasi Sungkui hampir sama dengan penyajian ketupat pada umumnya seperti ditemani makanan lainnya. Dimana ada nasi Sungkui disitu ada serundeng.

Orang tua jaman dulu menambahkan dan mencampur nasi Sungkui dengan jagung dan yoli, mungkin kamu bingung apa sih itu Yoli? Yoli adalah padi-padian yang banyak tumbuh di daerah Kabupaten Sanggau.

Tahukah kamu, nasi Sungkui dimasak dan dihidangkan dengan cara yang sederhana tetapi nasi Sungkui bisa bertahan dan tidak basi sampai 4 hari lamanya kalau tidak dimakan.

Jika kamu langsung memakan nasi Sungkui setelah di hidangkan, tentu hanya beberapa menit saja tidak bisa bertahan ya karena sudah di makan 😝, kecuali kalau kamu menyimpannya karena memang sudah kekenyangan dan ingin memakannya lagi besok 😄.

Jadi kamu jangan khawatir kalau tidak bisa memanaskannya lagi karena nasi Sungkui bisa bertahan hingga berhari-hari atau jika kamu sedang bepergian nasi Sungkui siap jadi bekal untuk kamu.

Lemang

Lemang
Sumber Gambar : facebook.com

Lemang adalah hidangan kuliner khas Melayu. Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dan dibungkus menggunakan daun pisang lalu di masukkan ke dalam seruas bambu kemudian dibakar.

Nasi lemang tidak hanya ada di Indonesia saja tetapi juga tersebar ke tanah Melayu seperti Malaysia, Brunei dan Indonesia. Rasanya gurih dan lezat, tidak ada catatan yang jelas dari negara mana asal usul lemang berasal.

Secara pasti lemang merupakan makanan yang berasal dari tanah dan orang Melayu.

Setiap daerah di Indonesia yang merupakan orang melayu memiliki nasi lemang dengan ciri khasnya masing-masing, dimanapun itu lemang sama saja terbuat dari beras ketan dan mengolahnya dicampurkan dengan santan kelapa.

Kami mendaftarkan lemang sebagai makanan kuliner di Kabupaten Sanggau walaupun begitu kamu bisa menemukan nasi Lemang dimana saja entah itu di pulau Kalimantan, pulau Sumatera, pulau Jawa, dan pulau lainnya.

Nasi Lemang biasanya di hidangkan pada acara dan hari besar seperti ketika Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha dan ketika umat muslim sedang berpuasa pada bulan Ramadhan.

Mengkonsumsi nasi lemang dan penyajiannya berbeda dari setiap daerah, suku Dayak menjadikan nasi lemang sebagai makanan untuk suatu perayaan.

Mungkin kamu akan lebih suka mencampurkan nasi lemang dengan berbagai varian makanan seperti menambahkan daging ayam, selai, rendang, buah-buahan, sambal atau yang lainnya agar rasa lemang semakin menggoyang lidah?

Lemang di beberapa daerah di hadirkan pada acara-acara besar seperti acara pernikahan maupun acara syukuran dan acara lainnya bahkan di beberapa daerah juga seperti Kota Pontianak, lemang hanya ditemukan pada bulan Ramadhan dan hari raya umat Islam saja.

Sejarah nasi lemang tidak bisa lepas dari suku Dayak Hindu Kaharingan untuk suatu persembahan, sekarang kamu menemukan nasi lemang di suatu perayaan suku Dayak.

Banyak yang mengatakan nasi lemang khas dari masing-masing daerah, ada yang menyebutkan lemang khas Sumatera, Banyuwangi, Bukittinggi, Sanggau hingga khas Suku Dayak dan semua itu memang benar.

Setiap daerah memiliki ciri khas nasi lemang tersendiri dan yang mencirikan lemang dari khas daerahnya adalah resep rempah-rempah yang digunakan dari setiap daerah masing-masing dan resep dari setiap daerah tentu berbeda

Pengolahan nasi lemang sama saja, berasal dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang muda lalu di masukkan ke dalam bambu.

Lemang memiliki aroma yang khas dan rasa yang akan membuat ketagihan.

Untuk membuat lemang kamu memerlukan daun muda yang kuat agar tidak mudah robek dan memerlukan potongan bambu untuk lemang yang berukuran 30 cm sampai 60 cm.

Sama seperti hal nya memasak nasi Sungkui yang memerlukan waktu, lemang juga membutuhkan waktu hingga 5 jam untuk pembakaran setelah dibungkus rapat dan dimasukkan ke dalam bambu.

Omong-omong jika kamu menemukan nasi lemang di tempat kuliner di Kabupaten Sanggau, jangan lupa ya bungkuskan juga untuk Mimin ya 😂.

Memilih bambu dan daun pisang juga tidak sembarangan ya sobat, bambu nya usahakan yang tidak tebal-tebal amat biar matangnya lebih cepat dan daun pisangnya juga harus yang muda ya biar daun pisangnya kuat.

Mimin berharap nantinya nasi lemang tidak hanya di hidangkan pada saat bulan Ramadhan, hari-hari besar dan acara besar saja tapi bisa di hidangkan kapanpun itu agar nasi Lemang di Indonesia terjaga dan tidak punah serta dapat dilestarikan sobat kuliner.

Merke

Merke
Sumber Gambar : facebook.com

Merke adalah panganan atau hidangan kue tradisional entikong khas Kabupaten Sanggau. Berbentuk seperti tiga buah lingkaran dengan gerigi atau berbentuk seperti akar kelapa. Merke terbuat dari telur, santan kelapa, tepung beras, dan rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar dan lainnya.

Pernah lihat merke sebelumnya sobat? Apa kamu pernah mencicipi merke? Menurut kamu gimana rasa merke, tulis di kolom komentar ya 😀.

Tahu tidak sih merke kue khas dari Kabupaten Sanggau, merke terlihat sama dengan kue akar kepala pada umumnya yang membedakan kue merke dengan akar kelapa adalah lubang adonannya yang berbeda.

Menurut warga kabupaten Sanggau, merke hanya dibuat pada hari-hari besar umat Islam saja dan hanya terdapat di kabupaten Sanggau. Kabarnya merke sekarang sudah diperjual belikan, jika kamu ingin mencicipi merke mungkin ada di daerah tempat tinggal kamu.

Rasanya yang gurih, kue yang lain mah beuh lewat. Berhubung sudah banyak yang jual, kamu bisa memakan kue kapanpun kamu mau dan mungkin saja kue merke juga terdapat di toko-toko atau tempat kuliner.

Kembali menurut warga Sanggau, jika kamu tidak menemukan kue merke di tempat atau di toko-toko berarti merke belum sampai ke tempat kamu atau mungkin kue merke belum tersebar luas.

“Mimin, kenapa Mimin ko ngomongnya pake Mungkin?”

Yah, seperti penjelasan Mimin diatas karena pada saat ini Mimin tidak benar-benar menjamin kue merke sudah tersebar luas hingga sampai ketempat kamu dengan pendapat atau menurut warga Sanggau, kue merke hanya terdapat di Sanggau dan memang sekarang sudah diperjual-belikan.

Merke tergolong sejenis keripik dan alat-alat cetakan serta bahan yang sama, mirip seperti akar kelapa, maruku, dan lainnya. Hanya saja merke disisinya ada gerig-gerigi nya gituh dan terdapat 3 (tiga) buah lingkaran pada kue Merke.

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong
Sumber Gambar : kataomed.com

Sotong Pangkong (secara harfiah : cumi yang dipukul) adalah sajian makanan kuliner khas Kota Pontianak, berbahan utama cumi yang dipukul-pukul menggunakan palu atau martil.

Kami mendaftarkan Sotong Pangkong sebagai makanan kuliner di Kabupaten Sanggau, tidak hanya di Pontianak tapi Sotong Pangkong juga terdapat dan ada di kabupaten Sanggau.

Berhubung kita sedang membahas Sotong Pangkong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat bukan di Pontianak. Sotong Pangkong paling banyak ditemui dan mudah ditemukan di kota Pontianak pada bulan Ramadhan.

Kabarnya Sotong Pangkong hanya bisa ditemukan pada bulan Ramadhan saja saat umat muslim sedang berpuasa dan menurut masyarakat hanya pada bulan Ramadhan sotong pangkong banyak di buru sedangkan di bulan lain tidak seramai pada bulan Ramadhan.

Sotong Pangkong tergolong dalam lauk pauk dan juga jajanan, untuk itu sotong pangkong tidak hanya bisa di nikmati dengan nasi tapi juga bisa di makan secara langsung.

Kalau kamu ke Kabupaten Sanggau, jika kamu menemukan Sotong Pangkong di tempat kuliner jangan lupa bungkuskan untuk Mimin yah 😂.

Hanya mudah ditemukan pada bulan Ramadhan bukan berarti tidak bisa ditemukan pada bulan dan hari biasa lho sobat kuliner, banyak tempat kuliner yang menyediakan sajian sotong pangkong pada menu nya sehingga kamu bisa menikmati sotong pangkong kapanpun itu.

Kamu tahu tidak sih? Sotong Pangkong bisa ditemui di tempat kuliner dengan harga yang bervariasi atau berbeda-beda. Menurut kamu mengapa harga sotong pangkong bisa berbeda-beda? Ya, benar. Harga sotong pangkong tergantung ukuran cumi-nya, semakin besar ukuran cumi maka akan semakin pula harganya.

Ada 2 rasa sotong pangkong jika kamu pergi ke Kabupaten Sanggau, yaitu rasa ebi dan rasa kacang yang bisa kamu temukan.

Ayam Pansuh

Ayam Pansoh/Pansuh
Sumber Gambar : sites.google.com

Ayam Pansoh (sebutan lain : Manok Pansuh) adalah makanan kuliner khas Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, ayam yang telah diracik dengan bumbu yang telah ditumbuk dan dimasak ke dalam bambu muda dengan cara dibakar.

Sering mendengar Manok Pansuh? Ya, Manok Pansuh atau ayam Pansuh adalah makanan adat yang bisa kita temui di Kalimantan Barat terutama di Kabupaten Sanggau.

Sekilas, ayam pansoh sama dengan Lemang yaitu cara pemasakannya dengan cara dibakar. Biasanya masyarakat menyajikan ayam Pansoh untuk menyambut kedatangan tamu.

Untuk proses memasaknya yaitu ayam potong yang dicampur dengan bumbu lalu dimasukkan kedalam bambu muda kemudian di bakar selama ± 30 (tiga puluh) menit.

Bahan dasar ayam Pansoh sendiri adalah daging ayam yang dipotong, entah itu ayam kampung atau ayam boiler untuk bahan Pansoh. Kami menyarankan untuk memiloh daging ayam adalah daging boiler karena daging ayam boiler memiliki tekstur yang lentur dengan kata lain mudah dan cepat matang

Jika kamu berwisata kuliner di Kabupaten Sanggau, jangan lewatkan Ayam Pansoh ini. Rasanya yang lezat dengan ciatara yang asam juga akan membuat kamu ingin mencobanya lagi.

Bumbu yang akan dicampurkan dengan ayam, sebelumnya buat agar bumbu halus dengan cara menumbuknya. Bumbu atau rempah-rempahnya anatara lain bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, cabai merah, dengan penyedap rasa dan tidak lupa ditambahkan daun kedongdong.

Ayam Pansoh agar rasanya semakin terasa kamu bisa menambahkan dan memperbanyak daun kedongdong, remas daun kedongdong dengan ayam hingga merata.

Ayam Pansoh dibakar dengan tungku tradisional dan pastinya akan sulit jika kamu membakar ayam pansoh dengan kompor gas 😂.

Jajanan Di Kabupaten Sanggau

Berikut ini adalah daftar jajanan kuliner dan termasuk makanan kuliner di Kabupaten Sanggau :

Kute atau Kote, kue khas Sanggau

Kote atau Kute, kue khas Sanggau
Sumber Gambar : travel.detik.com

Dodol Lidah Buaya, khas Sanggau

Dodol Lidah Buaya, khas Sanggau
Sumber Gambar : wisato.id

Kue Semprong

Kue Semprong
Sumber Gambar : facebook.com

Maruku Ikan

Maruku Ikan
Sumber Gambar : tokopedia.com

Kue Sepit

Kue Sepit
Sumber Gambar : bukalapak.com

Kue Bikang

Kue Bikang
Sumber Gambar : tokopedia.com

Kue Basong

Kue Basong
Sumber Gambar : id.pinterest.com

Empuyak (Tempoyak)

Empuyak (Tempoyak)
Sumber Gambar : cookpad.com

Chai Kwe (Kue Chai), khas Sanggau

Kue Chai
Sumber Gambar : idntimes.com

Tempat Kuliner di Kabupaten Sanggau

Berikut ini adalah daftar tempat makan kuliner di kabupaten Sanggau :

Rumah Makan Umi

Alamat : Jl. A. Yani RT.02 / RW.07, Tanjung Sekayam, Kapuas, Ilir Kota, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Rumah Makan Minang

Alamat : Ilir Kota, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Rumah Makan Mekar

Alamat : JL. RA Kartini No.50, 78517, Tj. Sekayam, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Lokale Sanggau

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.Kel, Ilir Kota, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Cafe Bandong

Alamat : Sungai Sengkuang, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Harmony Resto 'n Cafe

Alamat : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Tj. Sekayam, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

BAKMI RAOS RESTO & CAFE

Alamat : Jl. Dewi Sartika No.Kel, Ilir Kota, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78513

Aming Coffee

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.08B, 8DBunut, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Rumah Makan Selera Sekayam (Chinese Food) & Warkop

Alamat : Dusun Balai Karangan III, Engkahan, Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78556

Kedai Juna Masakan Melayu

Alamat : Jl. Jend. Sudirman, Ilir Kota, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Kaisar Bakery

Alamat : Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah No.105-109, Tj. Sekayam, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516

Coffee Time

Alamat : Jl. H. Juanda, Beringin, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78512

Kerajinan di Kabupaten Sanggau

Berikut ini adalah daftar kerajinan di kabupaten Sanggau :

Tikar

Tikar Sanggau
Sumber Gambar : tokopedia.com

Tas

Tas Sanggau
Sumber Gambar : shop.consina-adventure.com

Syal

Ketua Adat Sanggau memakai Syal
Sumber Gambar : kabar.sanggau.go.id

Batik

Batik Sanggau
Sumber Gambar : mudzakir.com

Post a Comment

Previous Post Next Post