5 Wisata Kuliner di Sambas yang Enak dan Wajib Anda Coba - Indonesia memiliki banyak sekali budaya, ras, adat, dan golongan. Dari Sabang sampai Merauke kita berbeda-beda tapi tetap satu.

Tidak hanya memiliki semua itu, Indonesia juga kaya akan wisata alam yang indah dan makanan tradisional yang sangat lezat.

Kita akan menjelajah wisata kuliner yang terdapat di pulau Kalimantan, tepatnya wisata kuliner di Kabupaten Sambas. Mulai dari makanan kuliner, tempat kuliner hingga kerajinan yang patut kamu bawa sebagai oleh-oleh dari Sambas.

Ada banyak yang perlu kita bahas jika berburu Wisata Kuliner di Sambas, Kalimantan Barat. Wisata kuliner di Kalimantan barat tidak kalah dengan kuliner di Nusantara.

Saya rasa tidak perlu mencantumkan alamat lengkap, dimana letak kabupaten Sambas itu sendiri karena saya yakin kamu sudah mengetahui dimana itu Sambas karena kamu berniat berwisata kesana maka kamu sudah mengetahui dimana itu Sambas meski baru pertama-kali.

Mungkin kamu ada yang baru tertarik untuk berburu kuliner di sana, kamu membutuhkan referensi makanan khas, tempat serta kerajinan dan pengetahuan di Sambas sebelum berwisata.

Kamu mengunjungi artikel yang tepat, kami akan menyampaikan, menjelaskan, dan memberitahukan tentang semua hal yang perlu kamu ketahui di Kabupaten Sambas mengenai wisata kuliner.

Jangan bingung saat pergi kesana untuk berwisata, kamu bingung harus mencicipi makanan khas dimulai dari mana?

Semua makanan khas di Sambas adalah makanan yang diolah dan terbentuk dari rempah-rempah asli yang ada di sana, karena tangan-tangan tradisional atau orang asli disana yang membuatnya sehingga makanan kulinernya mempunyai ciri khas tersendiri.

Tentu, setiap yang berbau-bau kuliner pasti tidak jauh dari makanan yang dicari hehe.

Banyak turis lokal maupun turis luar yang berwisata dan berburu kuliner di Sambas dengan rasa yang tidak kalah dari wisata kuliner lainnya.

Kamu akan tergiur akan rasa makanan khas di Sambas beserta cemilan, tempat kuliner dan kerajinan yang akan kita bahas lengkap hanya untuk kamu.

Sambas memiliki keindahan alam dan kuliner yang patut dicoba, dan semua orang yang pernah berkunjung ke Sambas akan mengatakan hal yang sama.

Orang Indonesia beruntung karena memiliki banyak sekali keberagaman atau keragaman, tidak hanya dari Budaya dan Adat tapi dari Bahasa sampai Kuliner yang menggugah selera.

Wisata indah di Indonesia juga terdapat pada pulau Kalimantan, siapa yang tidak kenal dengan pulau Kalimantan yang kaya akan rempah-rempah.

Sobat kuliner pasti ingin mencoba dan ingin tahu “Seperti apa sih rasa makanan khas Sambas?” jika sobat ingin tahu, sobat kuliner bisa pergi ke Sambas.

Makanan khas yang memiliki ciri rasanya yang lezat dan apabila sobat ingin merasakan rasa asli dari makanan khas Sambas, bisa mengunjunginya sambil berwisata karena yang membuat makanan itu disebut makanan khas karena dibuat oleh orang-orang asli disana.

Jangan bingung untuk pergi ke tempat kuliner yang mana, beberapa tempat kuliner yang banyak digemari seperti Rumah Makan Mie Gosong Mak Nyah, Rumah Makan Sattim, Rumah Makan Simpang 3 dan banyak sekali tempat kuliner yang belum disebutkan.

Kami telah menyertakan lokasi lengkap tempat kuliner tersebut, sebelum itu agar sobat kuliner tidak kebingungan. Cari tahu dulu makanan mana dulu nih yang perlu dicoba nantinya.

Tenang, dari semua masakan atau makanan kuliner semuanya memiliki rasa yang enak dan lezat. Soal rasa bisa di acungkan jempol.

Baik, tidak perlu basa-basi lagi. Simak baik-baik wisata kuliner yang ada di Sambas.

Makanan Kuliner Di Kabupaten Sambas

Kami telah mengatakan untuk mengenalkan terlebih dahulu masakan atau makanan kuliner di Kabupaten Sambas agar kamu tidak bingung dalam memilih kuliner.

Mie Gosong

Mie Gosong Sambas
(Sumber Gambar : kumparan.com)

Mie Gosong adalah makanan atau hidangan Mie dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Terbuat dari beraneka sayur, telur, daging cincang dan rempah-rempah di Sambas, dimasak secara tradisional di atas tungku.

Ada yang merasa aneh saat pertama kali mengetahui nama atau sebutan untuk makanan kuliner yang satu ini?

Yang pertama adalah Mie Gosong, jangan aneh seperti “Mie Gosong yang sudah gosong? Kalau sudah gosong kenapa di jual?“. Itu hanya sebutannya saja kok.

Mie Gosong punya sejarah atau seluk beluknya tersendiri sehingga Mie dari Sambas ini dinamai Mie Gosong.

Ada sebab yang menamakan Mie ini sebagai Mie Gosong, dulunya Mie ini hanya sebuah Mie tanpa bahan campuran apapun seperti daging sehingga membuat Mie ini disebut Mi Kosong.

Mengapa Mie Kosong disebut Mie Gosong, berasal dari plesetan “Kosong” menjadi “Gosong” dan akrab dengan baunya yang terkesan gosong.

Baunya yang terkesan gosong juga merupakan ciri khas dari Mie ini, jangan hanya melihat dari bentuk, warna dan baunya. Jangan salah, ketika kamu mencobanya kamu akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Jika kamu melihatnya, kamu akan melihat Mie Gosong terlihat sama dengan Mie pada umumnya dan mungkin akan bertanya, apa bedanya Mie ini dengan Mie lainnya seperti Mie Instan?

Meskipun terlihat sama tapi sangat beda pada rasanya, kamu akan menemukan sensasi tradisional setelah mencicipi Mie Gosong.

Untuk proses pembuatannya tidak seperti memasak Mie Instan yang direbus atau digoreng pada Kompor, Mie Gosong ini dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku api sehingga menghasilkan bau-bau atau aroma gosong.

Walaupun cara pemasakannya sama seperti ditaruh pada wajan, tapi tentu berbeda pada proses memasaknya yang menggunakan kompor berbeda dengan menggunakan tungku api atau tungku asap.

Menurut kamu apa sebabnya Mie ini memiliki kesan bau seperti aroma gosong? Mungkin karena terlalu banyak di tungku api sehingga terlalu banyak diselimuti asap kali ya, hehe!

Kamu tahu tidak, nama lain atau sebutan lain untuk Mie Gosong selain berasal dari plesetan ‘Kosong’, entah orang salah nyebut atau gimana ya karena plesetan yang mendekati untuk sebutan Mie Gosong adalah ‘Mie Godog’ diplesetkan menjadi Mie Gosong 🤔, jangan pusing-pusing dulu deh ya pokoknya Mie ini sangat enak dan bikin ngiler akan rasanya yang sangat enak.

Daripada kamu penasaran mengapa Mie ini bisa dinamakan Mie Gosong, tanyakan saja pada orang asli yang ada di Kabupaten Sambas, hehe!

Selain plesetan “Kosong” yang menjadi sebutan Mie Gosong, dulunya Mie ini tanpa campuran bahan seperti daging cincang, telur dan lainnya.

Sekarang, Mie Gosong ini sudah banyak bahan campurannya agar menambah selera dan rasa seperti telur orak-arik, daging cincang, dan sayuran lainnya tidak lupa ditambahkan kecap agar rasa semakin lezat.

Ada kemungkinan selain aroma , warna mie ini juga hampir terlihat hitam karena ada penambahan kecap pada Mie Gosong sehingga terkesan kecoklatan.

Dari sini kita tahu, “Mie Gosong apa terlalu banyak menggunakan kecap atau gimana ya hingga terkesan gosong?” yang jelas saja rasanya dan aromanya sangat menggoda dan membuat ketagihan.

Apa karena dulunya sebelum kecap ditemukan dan sebelum kecap datang ke Kabupaten Sambas, Mie ini memiliki nama sebagai ‘Mie Kosong’ tetapi setelah datangnya kecap membuat warnanya sedikit kecoklatan lalu masyarakat kaget karena mengetahui perubahan pada warnanya ditambah baunya yang terciri dari tungku api.

Sehingga sebutannya menjadi Mie Gosong? Hahaha, saya hanya bercanda.

Kami perlu mencoba masakan kuliner Mie Gosong ini, terdapat banyak sekali pedagang yang menjualnya di sudut Kota hingga kamu akan mudah menemukannya.

Kamu akan banyak sekali menemuinya apabila kamu berkunjung ke Kota Sambas, Kabupaten Sambas seperti Rumah Makan Mak Nyah.

Bubbor Paddas

Bubur Pedas
(Sumber Gambar : liputan6.com

Bubbor Paddas atau dikenal dengan (Bahasa Indonesia : Bubur Pedas) adalah hidang khas dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Bubur Pedas paling banyak diminati di Sambas dan menjadi hidangan rakyat atau menjadi makanan sehari-hari dan kamu bisa menemukannya hampir di semua tempat kuliner seperti rumah makan hingga restoran menyajikan menu Bubur Pedas.

Kamu bisa menemui Bubur Pedas di Serawak, hanya saja di Serawak di hidangkan sebagai menu berbuka puasa pada bulan Ramadhan saja, sedangkan di Pontianak banyak sekali pedagang gerobak yang menjualnya.

Bubur Pedas terbuat dari nasi halus dan kelapa parut dengan bahan utama seperti rempah-rempah, lengkuas, daun salam, lada hitam dan beraneka sayuran lainnnya.

Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum sangat cocok untuk menu makanan sehari-hari siang maupun malam.

Kamu harus mencoba Bubbor Paddas ini saat berwisata ke Sambas, Kalimantan Barat. Bubbor Paddas menjadi hidangan kuliner yang wajib dicicipi oleh sobat kuliner.

Harganya yang terjangkau membuat makanan ini sangat banyak di minati dan orang menjulukinya sebagai makanan hemat karena tidak memakan biaya yang besar.

Biasanya bubur pada umumnya, berasal dari nasi yang dimasak sampai menjadi halus tetapi kebanyakan Bubur Pedas berasal dari beras yang ditumbuk sampai halus.

Bubbor Paddas terdapat campuran daun untuk menambah harum dan mengunggah selera, orang menyebutnya ‘Daun Kesum’ dan daun tersebut paling banyak ditemui di pulau Kalimantan.

Pada awalnya Bubur Pedas hanya terdapat pada Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat karena dibuat oleh orang Melayu Sambas tetapi karena kepopuleran dan ketenarannya Bubur Pedas beradaptasi di sejumlah negara tetangga beserta Daun Kusum sebagai ciri khas Bubur Pedas itu sendiri.

Tahukah kamu, bubur pedas atau bubbor paddas itu memiliki simbol kerajaan. Dahulu sebelum jaman modern, bubur Pedas hanya di sajikan untuk acara-acara besar dan sakral saja tetapi sekarang tersedia dimana-mana dan kapanpun kamu mau.

Banyak orang yang beranggapan, bubbor Paddas memikiki ciri khas yang pedas. Tapi, tidak. Melainkan bubbor paddas memiliki ciri khas yang gurih dan harum, sangat enak di lidah.

Bubur khas yang sangat populer di pulau Kalimantan ini, bubur khas Sambas memiliki nama “Bubbor Paddas” yang artinya “Bubur” dan Paddas.

Paddas itu sendiri hanya sebuah perumpamaan orang Melayu Sambas, perumpamaan itu memiliki makna kumpulan “beraneka sayuran”. Karena memang bubur pedas banyak sekali bahan sayuran yang terkandung didalam bubur pedas antara lain wortel, kentang, kacang hijau, jamur, kacang didih, rebung, daun kunyit, kacang panjang, kangkung, daun Inai, daun laksa (kesum), pakis, kacang tanah, jagung dan lainnya beserta bahan pelengkap seperti ikan teri serta masih banyak bahan pelengkap yang belum kami sebutkan yang akan membangkitkan selera makan.

Selain rasanya yang gurih dan lezat, Bubur Pedas ini dipercaya memiliki khasiat sebagai penambah nafsu makan karena terdapat daun kesum didalamnya.

Sudah kita ketahui, “Pedas” berasal dari kata “Paddas”, mengapa bubur ini sering disebut bubur pedas jika paddas bukanlah pedas melainkan hanya sebuah perumpamaan?

Bubur Pedas memang akrab dengan “pedas" meskipun tidak pedas rasanya melainkan gurih. Orang lebih suka menambah sambal atau cabai yang disangrai agar rasa semakin lezat tiada tara.

Semakin pedas maka rasanya akan semakin enak, saking banyaknya yang menambah pedas pada bubur ini itulah mengapa Bubbor Paddas lebih akrab memiliki nama dalam bahasa Indonesia sebagai “Bubur Pedas”.

Saat bubbor paddas tidak ditambahkan cabai, bubur ini sedikit memiliki rasa pedas yang tercampur dalam gurih. Wajar saja bubbor paddas mengandung lada yang telah disangrai.

Paddak (Cincalok)

Paddak (Cincalok)
(Sumber Gambar : cookpad.com

Cincalok (sebutan lain : Paddak atau Cencalok), adalah hidangan dari Kalimantan Barat, banyak ditemui di Kabupaten Sambas

Sebenarnya, Cincalok bukanlah makanan kuliner lebih tepatnya seperti lauk tetapi kami mendaftarkan Cincalok sebagai makanan kuliner dari Sambas.

Tidak hanya ada di kabupaten Sambas, Cincalok hampir bisa ditemui di pulau Kalimantan, menyebar hingga pulau Sumatera dan sekitarnya.

Cincalok adalah hidangan yang tahan lama, berbahan udang yang difermentasi sempurna. Memiliki rasa keasinan dan amis menjadi ciri khas Cincalok.

Karena saking banyaknya Cincalok yang beredar hampir di seluruh Kalimantan, Cincalok tidak bisa dikatakan makanan khas atau makanan asli dari Kabupaten Sambas.

Jika kamu berwisata ke Kabupaten Sambas, Cincalok menjadi hidangan yang banyak digemari oleh masyarakat sekitar.

Dahulu masyarakat ingin membuat hidangan yang bisa dimakan kapan saja atau hidangan yang awet, tidak ingin membuat makanan yang berlebihan untuk itu lahirlah Cincalok.

Pulau Kalimantan dikenal dengan kekayaan alam tidak hanya di daratan tetapi juga di lautan, demi melestarikan kekayaan laut agar makanan tidak terbuang percuma nelayan mengawetkan udang agar tahan lama dengan teknik fermentasi.

Udang mudah diperoleh dan didapat di pulau Kalimantan, mengawetkan udang dengan cara dikeringkan.

Tidak aneh Cincalok memiliki ciri khas yang asin karena diawetkan menggunakan garam.

Agar menambah kelezatan Cincalok, masyarakat mentumisnya dengan menambahkan rempah-rempah seperti bawang dan cabai.

Cencalok
(Sumber Gambas : Cencalok

Bubbor Ambo'

Bubur Ambo
(Sumber Gambar : kumparan.com

Bubbor Ambo' (sebutan lain : Bubur Ambo atau Bubur Ambok) adalah hidangan khas dari Kabupaten Sambas. Hampir sama dengan Bubur Pedas tetapi Bubur Ambo tidak terkenal dan asing didengar.

Meskipun hampir sama tapi bubur Ambo dan bubur pedas tentu berbeda. Bubur Ambo menggunakan bahan yang sedikit dibanding bubur pedas.

Bubur Ambo terbuat dari nasi yang dicampurkan dengan santan dengan rasa yang gurih dan menggugah selera.

Bisa dibilang, bubur Ambo adalah teman bubur Pedas (Paddas) yang bisa kamu temui saat berkuliner ke Kabupaten Sambas.

Di negara Malaysia, bubur Ambo dikenal dengan sebutan bubur Lambo, sudah kita ketahui bubur Ambo adalah makanan asli khas orang Melayu dari Kabupaten Sambas.

Jika ada yang mengatakan bubur Lambo bukanlah bubur Ambo khas Sambas, maka itu salah. Kami menemukan data, bahan utama bubur Lambo dan bubur Ambo itu sama yaitu nasi halus yang dicampur dengan santan.

Selain itu jika membedakan antara bubur Ambo dan bubur Lambo atau Lambuk, hanya terdapat perbedaan “L” sebagai huruf depan.

Kecuali jika kamu menemukan “Bubur Lambok" yang memang makanan kuliner dari Kepulauan Riau.

Orang Melayu entah itu dari Sambas maupun sekitarnya, setelah mencicipi hidangan bubur Ambo mengatakan “Oh Sedapnya!” yang memang rasa bubur Ambo tidak kalah enak dari rasa yang dimiliki bubur paddas.

Dari bahan bubur Ambo tidak membutuhkan bahan campuran yang banyak, mudah dan cepat. Hanya saja bubur Ambo membutuhkan perendaman beras selama 1 malam.

Sup Daging Gerinang

Sup Daging Gerinang
(Sumber Gambar : cnnindonesia.com

Sup Daging Gerinang adalah makanan dan hidangan khas dari Kabupaten Sambas, banyak ditemui di tempat kuliner di Sambas.

Hampir sama dengan sup pada umumnya, sup daging Gerinang terdapat potongan daging didalamnya serta irisan tomat dan rempah-rempah.

Jika kamu pertama kali melihat Sup Daging Gerinang mungkin berpendapat sup daging Gerinang sama saja dengan sup asem-asem iga yang banyak ditemui di Kota Jakarta.

Sup Daging Gerinang tidak kalah lezat dari sup lainnya yang telah banyak kamu temui, jika sobat ingin tahu seperti apa rasa dan kelezatan Sup Daging Gerinang khas Sambas ini, sobat kuliner silahkan mencobanya dan rasakan sendiri kelezatan yang terkandung didalamnya saat berburu kuliner di Kabupaten Sambas.

Bingka Barendam

Kue Bingka Barendam
(Sumber Gambar : travelingyuk.com

Bingka Barendam adalah hidangan kue khas Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Terbuat dari telur, gula, susu, vanili, dan santan yang dicetak diatas adonan kemudian dipanggang.

Sekilas kue bingka barendam tidak ada bedanya dengan jenis bingka pada umumnya, hanya saja bingka barendam terdapat kuah yang merendamnya dan itulah mengapa kue bingka khas Sambas ini disebut Bingka Barendam.

Bingka Asin

Kue Bingka Asin
(Sumber Gambar : cookpad.com

Bingka Asin adalah hidangan kue khas Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat sedikit sama seperti kue Bingka Barendam. Bingka Asin terbentuk dari telur, santan, tepung beras, sayuran, dan rempah-rempah. Kue Bingka Asin terdapat potongan daging yang terkandung didalamnya, tentu ada Bingka Barendam pasti ada Bingka Asin.

Lempok Durian

Lempok Durian Sambas
(Sumber Gambar : travel.okezone.com

Lempok Durian adalah dodol durian khas dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Berbahan dasar buah durian asli menjadi kuliner yang banyak di sukai. Lempok durian bisa ditemukan dengan mudah karena tersebar hampir di setiap toko di Kabupaten Sambas.

Membicarakan dodol durian tentu tidak aneh dan banyak dodol durian tersebar dimana-mana, lempok durian khas Sambas yang membedakannya pada bahan campuran seperti gula, dan sedikit garam saja.

Kuliner yang Banyak Ditemui di Kabupaten Sambas

Dibawah ini adalah daftar makanan kuliner yang mudah dan banyak ditemui di Kabupaten Sambas, walaupun bukan makanan khas tapi menjadi referensi untuk kamu berburu kuliner di Kabupaten Sambas.

Serabi Putih

Serabi Putih
(Sumber Gambas : cnnindonesia.com

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol
(Sumber Gambar : craftlog.com

Lapis Ketan

Lapis Ketan
(Sumber Gambar : shopee.co.id

Lapis Belacan

Lapis Belacan
(Sumber Gambar : tokopedia.com

Sayur Bening Keladi

Sayur Bening Keladi
(Sumber Gambar : cookpad.com

Semur Runtuk

Semur Runtuk
(Sumber Gambar : cookpad.com

Tumis Pakis

Tumis Pakis
(Sumber Gambar : cookpad.com

Tumis Rebung

Tumis Rebung
(Sumber Gambar : cookpad.com

Oncom Leunca

Oncom Leunca
(Sumber Gambar : yummy.co.id

Terong Balado

Terong Balado
(Sumber Gambar : pontianak.tribunnews.com

Tumis Pare Teri

Tumis Pare Teri
(Sumber Gambar : selerasa.com

Makanan Ringan di Kabupaten Sambas

Dibawah ini adalah daftar makanan ringan atau jajanan yang banyak ditemui di Kabupaten Sambas, kami hanya menyebutkannya beberapa saja dan masih banyak sekali makanan ringan yang tidak kami sebutkan

Brongkong Ubi

Brongkog Ubi
Sumber Gambar : cnnindonesia.com

Manisan Betik

Manisan Betik
Sumber Gambas : duniasa.com

Kering Kentang

Kering Kentang
Sumber Gambar : tokopedia.com

Snack Talas

Snack Talas
Sumber Gambar : blibli.com

Kerajinan di Kabupaten Sambas

Dibawah ini adalah daftar Kerajinan di Kabupaten Sambas, memang sedikit ke luar dari topik Wisata Kuliner tapi untuk menbantu perekonomian masyarakat sekitar apa salahnya kerajinan ini kamu jadikan oleh-oleh sepulang dari Sambas.

Kaos atau Baju

Kaos Baju Sambas
Sumber Gambar : tokopedia.com

Tanjak

Tanjak
Sumber Gambar : tokopedia.com

Kain Songket

Kain Songket
Sumber Gambar : facebook.com/songketsambass

Tempat Kuliner di Kabupaten Sambas

Dibawah ini adalah daftar tempat kuliner di Kabupaten Sambas beserta lokasi lengkap.

Cafe Damosa

Vegas Fried Chicken

Mie Gosong Mak Nyah

BRC Bedar resto cafe HALAL Food

Restoran Pondok Indah

Rumah Makan Dapur Sari

Rumah Makan Sattim

Rumah Makan Sabar Menanti

Bakso 93 Tebas

Rumah Makan Simpang 3

Bak Mie Citra Rasa

Post a Comment

Previous Post Next Post