Hutan Albasia Tempat Wisata di Kubu Raya - Hutan wisata albasi adalah salah satu tempat wisata yang ada di desa kuala dua kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya, adapun wisata ini terbentuk atas inisiatif masyarakat sekitar wilayah hutan albasia tersebut yang melihat lahan tidur tersebut, inisiatif masyarakat pun di amin kan oleh pemerintah kabupaten kubu raya yang mendukung secara teknik dan non teknik terbentuknya wisata hutan albasia andalan wisata di kabupaten kubu raya, Kepala desa kuala dua bapak Abbas menceritakan, hutan tersebut sebelumnya tidak dimanfaatkan dan terbaikan, melihat peluang bisa menjadi objek wisata alam, Abbas mengaku pihaknye memberanikan diri berkoordinasi dengan PT. Alas Kusuma selaku pemilik lahan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai salah satu objek wisata di desanya. “Alhamdulillah, niat baik kami mendapat respon positif dari pemilik lahan, dan akhirnya secara bertahap hutan ini pun kami sulap menjadi salah saut objek wisata alam di Kubu Raya ini,” jelasnya.
 

Destinasi Pilihan Masyarakat

Wisata Hutan Albasia sangat ramai dikunjungi oleh kalangan masyarakat karena tempat ini menyuguhkan pemandangan pohon albasia yang tumbuh subur dan berderet rapi menjulang tinggi dengan total area seluas 38 hektare, namun dijadikan sebagai objek wisata hanya seluas 3 hetare. Suasana yang ditawarkan objek ini sangat tenang serta sejuk dan sangat oook bagi pengunjung yang ingin menghilangkasn rasa penat akibat rutinitas sehari-hari karena tempat ini jauh dari hiruk-pikuk suasa perkantoran.Dengan keasrian yang menyejukkan dan panorama alamnya yang berasal dari ahaya matahari yang menyelinap disela-sela deretan pohon albasia yang tumbuh menjulang tinggi menambah keeksotikan dari tempat ini. Tempat ini di buka setiap hari sampai malam hari pukul 10.00 malam, namun jika pengunjung inginbermalam dan mmelanjutkn perjalanan ke objek wisata lai di sekitar kawasan  dekat bandara yang tidak jauh dari tempat wisata hutan albasia tersedia homestay Adeeva Sweet Home  oleh masyarkat lokal yang tentu saja memiliki fasilitas yang lengkap dengan harga terjaungkau.

Fasilitas Yang di Dapatkan

Hutan Albasia  memiliki banyak spot foto menarik dan sangat instagramable, hal ini yang membuat wisata ini menjadi tujuan favorit sekaligus menjadi incaran bagi para penikmat liburan. Banyak hal yang bisa dilakukan di objek wisata hutan albasia, salah satunya adalah Berfoto di spot-spot foto menarik dan instagramable

Trend sekarang ini adalah trend media sosial dimana orang-orang lebih banyak berinteraksi melalui media sosial, termasuk hal-hal apa saja yang diunggah ke media sosial entah itu instagram, facebook, dst bisa langsung menjadi terkenal dalam hitungan menit. Kemudahan dalam penyebaran informasi iniah yang membuat sesuatu yang awalnya belum dikenal oleh masyarakat luas kemudian bisa menjadi trend pembicaraan ditengah masyarakat.Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pengelola objek wisata hutan albasia, para pengelola berinovasi untuk meningkatkan daya kunjung wistawan dengan cara membuat spot- spot foto (selfie) yang menarik dan memiliki keunikan yang berbeda pada tempat lain. Di objek ini sudah disediakan cukup banyak spot foto yang instagramable spot tersebut antara lain spot berfoto digardu pandang yang berasal dari kayu, spot foto di bangku kayu, spot di antara bunga- bunga yang warna-warni yang sengaja ditanam oleh pengelola, spot di antara sela pohon albasia yang menjulang tingi dan spot di gardu yang berrtuliskan Wisata Hutan Albasia  

Terbentuk nya Kabupaten Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya adalah kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Pontianak. Kabupaten Kubu Raya telah resmi berdiri dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Kabupaten Kubu Raya di Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 10 Agustus 2007. Terdiri dari sembilan sembilan kecamatan yaitu Kecamatan Kubu, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Rasau Jaya, Kecamatan terentang, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Sungai Ambawang, Kecamatan Kuala Mandor-B, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Telok Pa’kedai.

 

Hutan Albasia (Sengon)

 Sengon (Albizia chinensis) adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Tiongkok selatan, dan Indonesia. Tanaman Albasia/Sengon merupakan jenis tanaman jangka panjang yang memerlukan perawatan khusus secara kontinue selama kurang lebih 3 tahun, atau kira-kira tanaman tersebut sudah hampir mencapai lingkaran gelang tangan orang dewasa, baik itu pemupukan, penyiangan rumput, ataupun penggemburan tanah di sekitar pohon albasia tersebut. perawatan tersebut sangatlah di perlukan, karena masa 1 – 3 tahun, merupakan masa pertumbuhan yang sangat baik, dan ini sangatlah penting untuk di lakukan secara berkala.”Untuk pemupukan biasanya di lakukan pada 30 hari setelah penanaman, hal ini penting mengingat akar tanaman sudah mulai tumbuh, dan mampu menyerap pupuk yang ada. ada pun untuk pupuknya bisa dengan organik maupun anorganik, dengan ukuran yang cukup. untuk pemupukan sendiri di lakukan 1 tahun 2 kali, yaitu sekitar 6 bulan sekali.
 
Ini lah ulasan saya tentang Hutan Albasia Tempat Wisata di Kubu Raya, mudah mudah banyak yang menyukai tulisan saya ini, sampai jumpa di tulisan saya berikut nya (Feri Yale Zerosix).




Post a Comment

Previous Post Next Post