Belangkas Hewan Aneh Yang Memiliki Segudang Manfaat - Belangkas adalah binatang sejenis Chelicerata, (bukan Cruetasea alias keluarga kepiting dan udang-udangan) Chelicerata adalah sebuah subfilum yang juga mencakup arachinda. Maka walaupun hidup di laut, belangkas sebenarnya masih berkerabat dengan hewan arachnida seperti laba-laba, kalajengking, dan tungau. Belangkas hidup di dalam lautan, lebih sering di jumpai di pesisir pantai, hewan ini memiliki cangkang bulat seperti penyu atau kura kura, Pengalaman pribadi saya sering mengkonsumsi hewan ini, biasa di masak menggunakan santan kelapa atau jika penyebutan umum nya mungkin digulai santan, rasa nya mirip mirip seperti kepiting dan udang tapi ya lebih enak kepiting dan udang, mungkin itu juga yang menyebabkan harga belangkas ini murah di pasaran. Apa saja sih manfaat belangkas yok kita simak tulisan di bawah ini :


Memilki Sel Khusus Amebosit

Darah manusia berwarna merah karena mengandung hemoglobin yang terbentuk dari zat besi. Darah belangkas tidak mengandung hemoglobin, melainkan hemosianin yang mengandung tembaga. Jika terkena udara, hemosianin akan memancarkan warna biru kehijauan, sehingga darah belangkas pun terlihat berwarna biru.

Nah, darahnya inilah yang membuat belangkas punya jasa besar bagi manusia. Pada tahun 1956 ditemukan bahwa darah belangkas mengandung sel khusus amebosit yang bisa mendeteksi adanya bakteri. Jika terpapar bakteri, amebosit ini akan mengeluarkan semacam lendir yang mengisoliasi bakteri tersebut supaya tidak menyebar.

Itu artinya darah belangkas bisa digunakan untuk mengetes steril atau tidaknya suatu komponen obat atau vaksin. Maka sejak 1970, FDA alias Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mewajibkan segala macam obat dan vaksin yang diberikan melalui suntikan untuk terlebih dahulu dites menggunakan darah belangkas.

Memiliki Sumber Protein Hewani

Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, meliputi daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa), daging unggas (daging ayam, daging bebek), seafood, serta telur dan susu. Belangkas ini juga memiliki Protein Hewani di dalam tubuhnya

Salah satu keunggulan protein hewani yang sangat dikenal adalah memiliki komposisi asam amino esensial yang lebih lengkap dibandingkan protein nabati. Tidak hanya itu, protein hewani juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan asam lemak omega-3.

Namun, meski protein hewani memiliki beberapa keunggulan, Anda tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan, terutama daging merah. Mengonsumsi protein hewani terlalu banyak dapat berisiko pada kesehatan Anda, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Ketahanan Pangan Warga Sekitar Pantai

Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan. Ketahanan pangan merupakan ukuran kelentingan terhadap gangguan pada masa depan atau ketiadaan suplai pangan penting akibat berbagai faktor seperti kekeringan, gangguan perkapalan, kelangkaan bahan bakar, ketidak stabilan ekonomi, peperangan, dan sebagainya. Penilaian ketahanan pangan dibagi menjadi keswadayaan atau keswasembadaan perorangan (self-sufficiency) dan ketergantungan eksternal yang membagi serangkaian faktor risiko. Meski berbagai negara sangat menginginkan keswadayaan secara perorangan untuk menghindari risiko kegagalan transportasi, namun hal ini sulit dicapai di negara maju karena profesi masyarakat yang sudah sangat beragam dan tingginya biaya produksi bahan pangan jika tidak diindustrialisasikan. Kebalikannya, keswadayaan perorangan yang tinggi tanpa perekonomian yang memadai akan membuat suatu negara memiliki kerawanan produksi. Belangkas ini sedikit bisa Mempertahankan Ketahanan Pangan Warga Sekitar Pantai, dimana kita ketahui bahwa masyarakat pantai menggantungkan hidup nya terhadap laut, mungkin tidak setiap hari para nelayan bisa berlayar mencari ikan.

World Health Organization mendefinisikan tiga komponen utama ketahanan pangan, yaitu ketersediaan pangan, akses pangan, dan pemanfaatan pangan. Ketersediaan pangan adalah kemampuan memiliki sejumlah pangan yang cukup untuk kebutuhan dasar. Akses pangan adalah kemampuan memiliki sumber daya, secara ekonomi maupun fisik, untuk mendapatkan bahan pangan bernutrisi. Pemanfaatan pangan adalah kemampuan dalam memanfaatkan bahan pangan dengan benar dan tepat secara proporsional. FAO menambahkan komponen keempat, yaitu kestabilan dari ketiga komponen tersebut dalam kurun waktu yang panjang.

ini lah ulasan saya tentang Belangkas semoga informasi yang saya berikan ke teman teman ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan, maaf kalo kata kata agak berantakan maklum penulis amatiran, jika ada kritik dan saran yang membangun silahkan tulis di kolom komentar. Terima Kasih (Feri Yale Zerosix) 

Post a Comment

Previous Post Next Post